Saturday 9 April 2016

Belajar Tentang Keajaiban Tuhan


"On the day of my judgment, when I stand before God, and He asks me why did I kill one of his true miracles, what am I gonna say? That it was my job? My job? "(Nanti di Hari Pembalasan, ketika aku berdiri dihadapan Tuhan dan Dia bertanya padaku, mengapa aku membunuh salah satu keajaibanNya, lalu apa yang harus kujawab? Itu pekerjaanku? Kerjaku?)
Kutipan diatas diucapkan Paul Edgecomb dalama adegan pamungkas film Green Mile. Ketika itu, Paul harus berjuang menahan perasaanya karena diharuskan melakukan eksekusi hukuman mati pada John Cofey, lelaki kulit hitam yang divonis karena membunuh dua anak perempuan. Paul yang diperankan Tom Hanks, ketika itu benar-benar tak sanggup menjalankan tugasnya sebagai sipir penjara yang melakukan eksekusi hukuman mati pada narapidana. Tidak pada John Coffey, ia bahkan menawarkan untuk melepaskan John dan siap menanggung akibat dari perbuatannya. Tapi John, menolak. Ia meminta Paul tetap melaksanakan hukuman mati padanya.
The Green Mile adalah film drama Amerika tahun 1999 yang disutradarai oleh Frank Darabont, dan diadaptasi dari novel tahun 1996 berjudul sama karangan Stephen King. Film ini dikisahkan dalam format 'flashback' dan dibintangi oleh Tom Hanks yang berperan sebagai Paul Edgecomb dan Michael Clarke Duncan sebagai John Coffeey dengan pemeran-pemeran pendukung antara lain David Morse, Bonnie Hunt, dan James Cromwell. Film ini bercerita mengenai kehidupan Paul sebagai sipir penjara hukuman mati pada saat Depresi Besar terjadi di Amerika Serikat, dan peristiwa-peristiwa supernatural yang ia saksikan.
Kisah Green Mile sebenarnya berpusat pada dua karakter kuat yakni; Paul dan John. Paul sebagai sipir penjara yang disiplin dan berintegritas, berhadapat dengan karakter John yang merupakan sosok pembunuh berdarah dingin. Karakter keduanya berhasil menghidupkan film drama ini dengan jalinan cerita yang apik. John yang mendapatkan "mukjizat" bisa menghidupkan orang mati atau menyembuhkan penyakit, harus dihadapkan pada tuduhan pembunuhan. Tuhan memang tak pilih kasih. Ia memberi mukjizat itu pada seorang John Cofey yang berkulit hitam dan bertampang seram. Namun dibalik "casingnya" John adalah seorang "malaikat". Ia menyembuhkan penyakit batu ginjal yang diderita Paul, menghidupkan tikus cerdik milik Del (seorang terpidana mati) serta menyembuhkan penyakit tumor yang diderita isteri Hal Moore ( kepala penjara tempat ia ditahan).
Semua keajaiban yang dimiliki John, kemudian meyakinkan Paul bahwa lelaki itu tak bersalah. Lewat sebuah transfer pencitraan, John membagi gambaran tentang peristiwa pembunuhan yang dituduhkan padanya. Paul tercengang. Ia tak bisa membantah bahwa sebenarnya John bukanlah seorang pembunuh. John malah berusaha menolong dua gadis cilik yang dinodai dan dibunuh secara sadis oleh seorang psikopat.
Jalin cerita dalam Green Mile memang apik dan layak diacungi jempol. Tak heran empat penghargaan Grammy Award disabetnya. Tom Hanks memang berhasil memerankan tokoh Paul yang kemudian dikisahkan sebagai pihak penerima keajaiban dari John. Akibatnya, Paul menjadi manusia abadi!


No comments:

Post a Comment